PROGRAM PEMBELAJARAN

19 Jan

RINCIAN MINGGU EFEKTIF

SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NO NAMA BULAN BANYAK MINGGU BANYAK MINGGU EFEKTIF
1 Juli 2010 5     Minggu 3     Minggu
2 Agustus 2010 4     Minggu 4     Minggu
3 September 2010 4     Minggu 2     Minggu
4 Oktober 2010 5     Minggu 4     Minggu
5 November 2010 4     Minggu 4     Minggu
6 Desember 2010 5     Minggu 4     Minggu
JUMLAH 27     Minggu 21    Minggu

Jumlah Jam Pelajaran                =  21     Minggu x 5 Jam Pelajaran

=  105   Jam Pelajaran

Pekanbaru, 12 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala MTsN Pekanbaru                                                                                      Guru Mata Pelajaran,

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                                                       NIP. 19670524 199503 1 003

RINCIAN MINGGU EFEKTIF

SEMESTER GENAP

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NO NAMA BULAN BANYAK MINGGU BANYAK MINGGU EFEKTIF
1 Januari 2011 4   Minggu 3  Minggu
2 Februari 2011 4   Minggu 4  Minggu
3 Maret 2011 5   Minggu 4  Minggu
4 April 2011 4   Minggu 4  Minggu
5 Mei 2011 4   Minggu 2  Minggu
6 Juni 2011 5   Minggu 0  Minggu
JUMLAH 26  Minggu 17 Minggu

Jumlah Jam Pelajaran      = 17   Minggu x 5 Jam Pelajaran

= 85   Jam Pelajaran

Pekanbaru, 12 Juli 2010

Mengetahui,

Kepala MTsN Pekanbaru                                                                                      Guru Mata Pelajaran,

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                                                       NIP. 19670524 199503 1 003

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                        : MTs Negeri

Kelas / Semester                : IX / (satu)

Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam

Alokasi Waktu                  : 5 Jam Pelajaran

I. Standar Kompetensi

§  Memahami berbagai sitem dalam kehidupan manusia

II. Kompetensi Dasar

1.1          Mendeskripsikan system ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

III.    Indikator

1.      Mendefenisikan pengertian ekskresi

2.      Menunjukkan macam organ penyusun system ekskresi pada manusia.

3.      Mendeskripsikan bentuk atau bangun organ-organ penyusun system ekskresi pada manusia

4.      Mendeskripsikan fungsi sitem ekskresi pada manusia

5.      Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasi.

IV.    Indikator

Pertemuan Pertama.

Peserta didik dapat :

1.      Menjelaskan pengertian ekskresi

2.      Menunjukkan macam organ penyusun system ekskresi pada manusia

3.      Menjelaskan bagia-bagian ginjal dan fungsinya.

4.      Menjelaskan proses pembentukan urin.

V. Materi Pembelajaran

System ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

VI. Metode Pembelajaran

Model     : CL

Model     : Diskusi

VII. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama  : 2 x 40 menit

1.      Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi dan motivasi

  • Sistem metabolisme pada manusia berupa apa saja ?
  • Mengapa kalau didaerah panas kita lebih banyak berkeringat ?
  • Ada berapa organ ekskresi pada manusia ?

2.      Kegiatan Inti

a.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa.

b.      Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar

c.       Guru membimbing kelompok belajar pada saat mengerjakan tugas

d.      Mempersentasikan hasil belajar kelompok

3.      Kegiatan Penutup

a.       Memberi penghargaan pada hasil belajar kelompok terbaik.

b.      Guru bersama peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan.

Pertemuan Kedua       : 3 x 40 menit

i.      Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi dan motivasi

a.       Apakah fungsi ginjal ?

b.      Mengapa disaat olah raga kita merasa panas.

ii.      Kegiatan inti

a.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa.

b.      Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar

c.       Guru membimbing kelompok belajar pada saat mengerjakan tugas

d.      Memperesentasikan hasil belajar kelompok

iii.      Kegiatan Penutup

a.       Memberi penghargaan pada hasil belajar kelompok terbaik.

b.      Guru bersama peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan.

VIII. Sumber Belajar

  • Buku paket siswa
  • LKS
  • Buku referensi

IX. Penilian

1.      Teknik Pelatihan      : – Tes tertulis

–  Penugasan

2.      Bentuk instrument   : uraian

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD. 1.2

Satuan Pendidikan                        : MTs Negeri

Kelas / Semester                : IX / (satu)

Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam

Alokasi Waktu                  : 3 Jam Pelajaran

I. Standar Kompetensi

1.  memahamiberbagai system dalam kehidupan manusia

II. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan          sistem reproduksi pada manusia

III. Indikator

1.      Menyebutkan macam organ penyusun system reproduksi pada manusia

2.      Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi

3.      Menuliskan artikel tentang tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi

4.      Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ system reproduksi

IV.   Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat :

1.      Menyebutkan organ penyusun system reproduksi pada wanita

2.      Menyebutkan organ penyususn system reproduksi pada pria

3.      menjelaskan fungsi ovarium dan oviduk

4.      Menjelaskan fungsi rahim/uterus

5.      Menjelaskan fungsi tes-tes dan vasdeferen

6.      Menulis artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit berhubungan dengan system reproduksi

V. Materi Pelajaran

Model     : CL

Model     : Diskusi

VI. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama  : 2 x 40 menit

1.      Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi dan motivasi

§  Apa tujuan reproduksi?

§  Terdiri atasapa sajakah organ reproduksi manusia?

2.  Kegiatan Inti

a.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa

b.  Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar

c.  Guru membimbing kelompok belajar pada saat mengerjakan LKS

d.  Mempersentasikan hasil belajar kelmpok

3.  Kegiatan penutup

§  Memberi penghargaan pada hasil belajar kelompok terbaik

§  Guru bersama peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan

Pertemuan Kedua          ;  1 x 40 menit

1.  Kegiatan Pendahuluan  :

Apersepsi dan motivasi

2.  Kegiatan inti

a.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa

b.  Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar

c. Guru membimbing siswa dalam berdiskusi tentang cara penularan dan                  pencegahan penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi

d.  Mempresentasikan hasil belajar kelompok

3.      Kegiatan Penutup

§  Memberi penghargaan pada hasil belajar kelompok terbaik

§  Guru bersama peserta didik membuatrangkuman / kesimpulan

VII   Sumber Belajar

Buku paket siswa

§  LKS

§  Buku refrensi

§  Lingkungan

§  CArta / torsa

VIII  Penilaian

1.  Teknik penilaian        :  Test tertulis

Non test

2.  Bentuk instrument    :  –  Pilihan ganda

–  Uraian

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Kd 1.3

Satuan Pendidikan                  :  MTs Negeri

Kelas/Semester                        :  IX / 1 (satu)

Mata Pelajaran                        :  Ilmu Pengetahuan Alam

Alokasi waktu                         :  4 Jam Pelajaran

I. Standar Kompetensi

1.      Memahami Berbagai sistem dalam kehidupan manusia

II. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan system kordasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

III. Indikator

1.      Mendefenisikan pengertian system koordinasi

2.      Menunjukkan bagian-bagian penyususn sel syaraf

3.      Membandingkan organ penyususn system syaraf manusia

4.      Menunjukkan bagian-bagian indera dan fungsinya

5.      Mendata cotoh kelaian penyakit pada alat indera yang bias dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

IV. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat  :

1.      Mendefenisikan pengertian sitem koordinasi

2.      menunjukkan bagian-bagian penyususn sel saraf

3.      membandingkan organ penyususn system saraf manusia

4.      menunjukkan bagian-bagian indera dan fungsinya

5.      Menyebutkan 3 macam kelainan dan penyakit pada indera mata

6.      Menyebutkan 3 macam penyakit pada indera kulit

V. Meteri Pelajaran

Sistem koodinasi dan alat pada manusia dan hubungannya dan hubungannya dengan kesehatan

VI. Metode Pembelajaran

Model     :  CL

Metode   :  Diskusi

VII   Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama  :  2 X 40 Menit

1.      Kegitan Pendahuluan  :

Apersepsi dan motivasi

§  Mengapa ketika mata kemasukan sesuatu secara refleks akan memajamkan mata  ?

§  Mengapa manusia mempunyai saraf

2.      Kegiatan inti

a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa

b.Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar

c. Guru membimbing kelompok belajar pada saat mengerjakan LKS

d.      Mempresentasikan hasil belajar kelompak

3.      Kegiatan Penutup

§  Memberi penghargaan pada hasil belajar kelompok terbaik

§  Guru bersama peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan

Pertemuan kedua  :  2x  40 menit

1.      Kegiatan pendahuluan

Apersepsi dan motivasi

§  Mengapa manusia dapat melihat, mendengar dan mencium ?

§  Mengapa manusia mempunyai alat indera  ?

2.  Kegiatan inti

a.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa

b.      Guru menorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar

c.       Guru membimbing kelompok belajar dalam mengerjakan LKS

d.      Memperesentasikan hasil belajar kelompok

3.  Kegiatan Penutup

§  Memberi penghargaan pada hasil belajar kelompok terbaik

§  Guru bersama peserta didik membuat rangkuman / kesimpulan

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan      : MTs Negeri

Mata Pelajaran            :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas/Smester             :  IX / I (satu)

I. Standar Kompetensi

2.      Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

II. Kompetensi Dasar

2.1.1     Mengidentifikasi kelngsungan hidup makhluk hidup melalui             adaptasi,  seleksi alam, dan perkembangbiakan

III. Indikator

1.         Adaptasi pada beberapa hewan dan tumbuhan dengan cirri-ciri khusus yang dimiliki

2.         memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam

3.         mendata contoh hewan dan tumbuhan yang hamper punah

4.         Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup

Alokasi Waktu 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu  :

1.      Menyebutkan factor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup

2.      Menjelaskan macam  adpatasi

3.      Menjelaskan contoh-contoh adaptasi

4.      Menjelaskan hubungan antara seleksi alam, adaptasi, dan evolusi

5.      Menyebutkan hewan dan tumbuhan yang hampir punah

6.      Menjelaskan tujuan perkembangbiakan

7.      Membandingkan tingkat reproduksi makhluk hidup

8.      Menyebutkan contoh makhluk hidup tingkat reproduksi tinggi dan tingkat reproduksi rendah

B. Materi Pembelajaran

1.      Faktor-faktor yang mempenaruhi kelangsungan hidup makhluk hiup

2.      3 macam adaptasi

3.      Contoh-contoh adaptasi

4.      Hubungan antara seleksi alam, adaptasi, dan evolusi

5.      Huwan dan tumbuhan yang hamper punah

6.      Tujuan perkembangbiakan

7.      Tingkat reproduksi makhluk hidup

8.      Contoh makhluk hidup tingkat reproduksi tinggi dan tingkat reproduksi rendah

C. Metode pembelajaran  :

1.      Model  :

  • Diree Instruksional (DI)
  • Koopreratif Learning

2.  Metode  :

  • Pengamatan/Observasi
  • Diskusi informasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

1.  Pertemuan pertama

a.       Kegiatan pendahuluan

  • Motivasi 1.  Menanyakan pada peserta didik coba jelasan                           perbedaan  pengaruh paruh ayam dan peruh bebek ?

2.  Apa yang tampak pada peserta didik perbedaanya ?

  • Pengetahuan Prasarat : Siswa di tugaskan membaca tentang kelangsungan hidup

b.      Kegiatan inti  :

  • Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka dan membaca buku siswa
  • Guru memberikan informasi tentang adaptasi dan contoh
  • Guru membimbing peserta didik dalam melakukan pengamatan pada tumbuhan  :  kaktus,  eceng gondok, hydrilla, keladi, kangkung, teratai dan pinus
  • Guru membimbing peserta didik dalam melakukan pengamatan gambar bentuk paruh dan bentuk kaki pada burung
  • Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan oleh guru

c.  Kegiatan Penutup

  • Guru beserta didik mendiskusikan hasil pengamatan
  • Membimbing siswa merangkum pelajaran
  • Uji Kompetensi Lisan

Mengapa paruh burung itu bias berbeda-beda bentuknya  !

2.  Pertemuan Kedua

a.  Kegiatan pendahuluan

  • Motivasi  :  Menanyakan pada peserta didik pernakah melihat hewan komodo ? dimana?
  • Pengetahuan Prasarat  :  guru menjelaskan hewan komodo hidup pada tempat tertentu (endemic)

b.  Kegiatan Inti

  • Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
  • Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka dan membaca buku siswa
  • Secara kelompok peserta didik mendiskusikan  :
  • Tumbuhan dan hewan yang hamper punah
  • Tujuan perkembangbiakan
  • Tingkat/reproduksi pada makhluk hidup
  • Contoh mahkluk hidup yang tingkat reproduksinya tinggi dan rendah
  • Peserta didik menuliskan hasil diskusi secara kelompok
  • Peserta didik membacakan hasil diskusi didepan kelas

c.       Kegiatan Penutup

  • Peserta didik menpresentasikan hasil kerja kelompoknya
  • Memberi penghargaan pada kelompok dengan kerja baik
  • Membimbing siswa merangkum pelajaran

E. Sumber Belajar

1.      Buku Siwa

2.      LKS

3.      Buku yang relevan

Bahan observasi  :  –  Gambar berbagai bentuk paruh dan kaki pada burung

– tumbuhan  :  kaktus,  eceng gondok, hydrilla, keladi,                                     kangkung, teratai dan pinus

F.  Penilaian

1.  Teknik penilaian dan bentuk instrument

Teknik Bentuk instrument
Isian
Test Tulis PG

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : MTs Negeri

Mata Pelajaran             :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas/Smester              :  IX / I (satu)

Standar Kompetensi

2.      Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

Indikator

1.      Mendeskripsikan materi ginetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen krmosom)

2.      membedakan pengertian sifat resesif dominant dan inter mediat

Alokasi waktu  :   4 x 40 menit  (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran  :

Peserta didik mampu  :

1.      Menyebutkan materi genetic yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat

2.      Menunjukkan bagian-bagian kromosom

3.      menunjukkan letak gen pada kromosom

4.      Menjelaskan bahwa jumlah kromosom setiap mahkluk hidup berbeda

5.      menjelaskan istilah-istilah dalam penurunan sifat

6.      Menjelaskan pengetian sifat resesif, dominant dan intermediet

7.      memberikan contoh sifat resesif, domnan dan intermediet

B. Materi Pembelajara

1.      Menyebutkan materi genetic yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat

2.      Menunjukkan bagian-bagian kromosom

3.      menunjukkan letak gen pada kromosom

4.      Menjelaskan bahwa jumlah kromosom setiap mahkluk hidup berbeda

5.      menjelaskan istilah-istilah dalam penurunan sifat

6.      Menjelaskan pengetian sifat resesif, dominant dan intermediet

7.      memberikan contoh sifat resesif, domnan dan intermediet

C. Metode Pembelajran

1.      model  :

  • Diree Instruksional (DI)

2.  Metode

  • Pengamatan/Observasi
  • Diskusi informasi

D. Langkah-langkah Kegiatan  :

1.  Pertemuan pertama

a.       Kegiatan Pendahuluan

  • Motivasi  :  Rambut kamu mirip siapa ? Mirip ayah atau ibumu ?
  • Pengatuhuan Prasarat  :  siswa ditugaskan mengamati sifat ayah dan ibu masing –masing peserta didik yang diturunkan kepeserta didik

b.  Kegiatan inti

  • Guru menyuruh peserta didik mengamati sifat atau ciri pada ayah dan ibu yang menurun pada peserta didik
  • Guru menyuruh masing-masing peserta didik mengisikan data pada LKS
  • Guru membimbing  peserta didik dalam melakukan pengamatan tentang kromosom
  • Guru memberikan informasi letak gen dalam kromosom dan jumlah kromosom setiap makhluk hidup
  • Guru memberikan istilah-istilah penurunan sifat

c.  Kegiatan Penutup

  • Guru beserta peserta didik mendiskusikan hasil pengamatan
  • Membimbing siswa merangkum pelajaran

2.  Pertemuan Kedua

a. Kegiatan Pendahuluan

  • Motivasi : Jika sifat atau ciri-cirimu tidak dimiliki oleh kedua orang tuamu. Apa sebabnya? Disebut apakah itu?
  • Pengetahuan Prasarat : guru menjelaskan sebab sifat atau cirri siswa yang tidak dimiliki oleh kedua orang tua peserta didik.

b. Kegiatan inti

  • Guru membimbing peserta didik untuk melihat hasil pengamatan peserta didik.
  • Guru dan peserta didik mendiskusikan sifat yang tampak pada peserta didik yang diturunkan dari kedua orang tua (dominan) dan yang tidak tampak pada peserta didik (resesi) dan gabungan sisafat dari kedua orang tua peserta didik (intermediet).
  • Guru memberiakan informasi pengertian sifat resesif , dominant dan intermediet.
  • Guru membimbing peserta didik untuk membuatt sifat resesif, dominant dan intermediet.

c. Kegiatan Penutup

  • Guru menuliskan angkuman di papan tulis dan peserta didik menulis dibuku catatn
  • Guru memberikaan tes kepada didik.

E. Sumber Belajar

1.      Buku Siswa

2.      LKS

3.      Buku yang relevan

Bahan observasi : Lingkungan keluarga masing-masing peserta didik.

F. Penilaian

    1. Teknik penilaian dan bentuk instrument
Teknik penilaian Bentuk instrument
Tes tulisan Uraian

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah        : MTs Negeri

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas/Semester : IX/1 (SATU)

Standar Kompetensi

2.      Memahami Kalansungan Hidup Makhluk Hidup

Kompetensi Dasar :

Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya.

Indicator :

1.      Menentukan gamet dari genotip tetua/induk

2.      Menentukan rasio hasil persilangan monoohibrida dan dihibrida melalui bagan.

3.      Memprediksi filial pada beberapa contoh pewarisan sifat.

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu :

1.      Menunjukkan gamet dari genotip induk

2.      Menunjukkan gamet dari fenotip induk

3.      Menjelaskan persilangan monohibrid dengan sifat dominan

4.      Menjelaskan persilangan mono hibrid dan intermediet.

5.      Menjelaskan persilangan hybrid dengan sifat dominant.

B. Materi Pembelajaran :

1.      Gamet dari genotip induk

2.      Gamet dari fenotip induk

3.      Persilangan monohybrid dengan sifat dominant.

4.      Persilangan monohybrid dengan sifat intermediet.

5.      Persilangan hybrid denganm sifat dominant.

C. Metode Pembelajaran :

1.      Model :

  • Direc Instruktional (DI)
  • Kooperatif Learning

2.      Metode :

  • Diskusi informasi
  • Diskusi kelompok
  • Eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan :

1.      Pertemuan pertama :

a.       Kegiatan pendahuluan

  • Motivasi : 1. Bunga memiliki warna beraneka ragam. Contohnya bunga mawar. Ada yang berwarna merah dan putih. Bagaimana jika bunga merah dikawin silangkan dengan bunga putih.?
  • Pengetahuan prasyarat : Peserta didik telah mengetahui sifat dominant.

b.      Kegiatan inti

  • Guru membagi peserta didik kedalam kelompok.
  • Guru membegikan kancing genetika pada masing –masing kelompok dan menyuruh peserta didik untuk menutup mata.
  • Guru memberikan informasi tentang gamet dari genotip induk.
  • Guru memberikan informasi tentang gamet dari fenotip induk.
  • Guru memberikan informasi tentang persilangan monohybrid dengan sifat dominant.
  • Guru memberikan informasi tentang persilangan monohybrid dengan sifat intermediet.

c.       Kegiatan penutup

  • Guru beserta peserta didik mendiskusikan hasil kerja masing-masing kelompok.
  • Membimbing siswa merangkum pelajaran.

– Guru memberikan siswa menerangkan tugas rumah berupa latihan so’al.

2.      Pertemuan kedua :

a.       Kegiatan pendahuluan

  • Motivasi : bagaimana mendapatkan padi dengan varietas tinggi.
  • Pengetahuan prasyarat : peserta didik telah mengetahui persilangan monohybrid.

b.      Kegiatan inti

  • Guru memberikan informasi tentang persilangan hybrid.

c.       Kegiatan Penutup

  • Guru memberikan latihan soal-soal tentang persilangan hybrid
  • Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

E. Sumber Belajar :

1.      Buku siswa

2.      LKS

3.      Buku yang relevan

4.      Kancing Genetik

F. Penilaian :

1.      Teknik penilaian dan Bentuk Instrumen

Teknik Bentuk instrument
Tes tuli Uraian

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah           : MTs Negeri

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas/Semester : IX/1 (SATU)

Standar Kompetensi

2.      Memahami Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

Kompetensi Dasar :

Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.

Indicator :

1.      Mendefenisikan pengertian bioteknologi

2.      Mendeskripsikan keuntungan  pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan

3.      Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan dan moderen dilingkungan sekitarnya.

4.      Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu :

1. Menjelaskan pengertian bioteknologi.

2. Menyebutkan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan.

3. Menyebutkan contoh produk bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari

4. Membuat produk bioteknologi sederhana seperti membuat tape dari ketan dan singkong.

B. Materi Pembelajaran :

1.      Pengertian bioteknologi

2.      Keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Contoh produk bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.

4.      Produk bioteknologi sederhana seperti mambuat tape dari ketan dan singkong.

C. Metode Pembelajaran :

1.      Model :

  • Kooperatif learning.

2.      Metode :

  • Eksperimen
  • Diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan :

1. Pertemuan Pertama

1.      Kegiatan Pendahuluan

Motivasi : 1. Pernahkah kamu makan nara de coco tape.?

  • Pengetahuan prasyarat : siswa ditugaskan membuat tape dirumah.

2.      Kegiatan Pendahuluan

  • Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
  • Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan pengertian bioteknologi, keuntungan pemanfaatan bioteknologi dan contoh-contoh produk bioteknologi konvensional dan moderen dari lingkungan.
  • Peserta didik membuat kesimpulan sementara.
  • Peserta didik melakukan presentasi ke depan kelas dan kelompok yang lain diberi kesempatan untuk bertanya.

3.      Kegiatan penutup

  • Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar.
  • Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru sajadipelajari.
  • Guru memberikan tugas membuat tape.

2. Pertemuan kedua

a.       Kegiatan Pendahuluan

  • Motivasi : Siapa yang sudah tahu cara pembuatan tape?
  • Pengetahuan Prasyarat : guru menjelaskan membuat tape menggunakan Ragi

b.      Kegiatan inti :

  • Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok.
  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjelaskan cara pembuatan tape.
  • Peserta didik memberi informasi kepada peserta lainnya.
  • Peserta didik memberikan  pertanyaan kepada peserta didik yang memberikan informasi.

c.       Kegiatan Penutup :

  • Peserta didik dan guru membuat kesimpulan cara pembuatan tape.
  • Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat tape.

E. Sumber Belajar

1.      Buku Siswa

2.      LKS

3.      Buku yang relevan

4.      Alat dan bahan untuk membuat tape

F. Penilaian

1. Teknik penilaian dan bentuk instrument

Teknik Bentuk instrument
Tes tulis Isisn

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )  KD. 3.1

Sekolah : MTs Negeri

Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas/Semester            : IX/1 (SATU)

I. Standar Kompetensi

3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

II. Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

III. Indikator

1.      Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila ditetapkan dengan cara tertentu.

2.      Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik.

3.      Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik.

4.      Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara  benda bermuatan listrik.

IV. Tujuan Pembelajaran

1.      Menjelaskan bahwa benda dapat bermuatan listrik

2.      Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrtik.

3.      Menjelaskan sifat-sifat muatan listrik.

4.      Menjelaskan rumus hokum coulomb

V. Materi Pelajaran : Listrik Statis

VI. Metode Pembelajaran

1.      Model           : – Direc Intruction (DI)

– Kooperatif Learning

2.      Metode         : – Diskusi Kelompok

– Eksperimen

VII. Langkah-langkah

A.    Pendahuluan

v  Prasyarat

v  Motifsi : Menjaga kipas angina dapat berputar

B.     Kegiatan Inti

1.      Guru mendemonstrasikan cara menggosok penggaris dengan kain wol (ramput)

2.      Masing-masing kelompok melakukan percobaan untuk menunjukkan sifat muatan listrik.

3.      Siswa mendiskusikan hasil percobaan dan menuliskan data kedalam LKS

4.      Guru memberi informasi tentang Hukum Coulumb.

C.     Kegiatan Penutup

v  Guru bersama peserta didik mebuat rangkuman

v  Guru memberi latihan tentang hokum coulomb.

v  Guru memberi tugas rumahnya.

VIII. Sumber Belajar

v  Buku IPA

v  LKS

v  Alat-alat praktikum

IX. Penilaian Hasil Belajar

a.         Teknik Penilaian

v Tes tertulis

v Tes unjuk kerja

b.      Bentuk Instrumen

v Isian dan PGS

v Uji petik kerja prosedur

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)         KD  3.2

Nama Sekolah             :  MTs Negeri

Mata Pelajaran            :  IPA

Kelas/Semester            :  IX/I

Alokasi waktu             :  10 X 40’

I. Standar Kompetensi

3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari

II. Kompetensi Dasar

Menganalisa percobaan listrik dinamis dalam satu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

III. Indikator

1.      Menjelaskan konsep arus listrik dan perbedaan potensial listrik

2.      Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun parallel

3.      Membuat data kuat arus dan beda potensial potenssial listrik dalam bentuk table dan grafik

4.      Menyelidiki hubungan antara arus listrik danbeda potensial dalam satu rangkaian (hokum Ohm)

5.      Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis (konduktor, semikonduktor, dan isolator

6.         Menggunakan Hukum I Kirchoffuntuk menhitung V dan I dalam rangkaian

7.         Menhitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan parallel

IV. Tujuan  Pembelajaran

1.      Mendefinisikan arus listrik

2.      Menghitung besarnya kuat arus (I=Q/t)

3.      mendefinisikan beda potensial listrik

4.      menghitung besarnya beda potensial listrik (V=W/Q)

5.      Membuat rangkaian listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun parallel

6.      menghitung besarnya kuat arus dan beda potensial listrik

7.      membuat grafik hubungan antara kuat arus dan beda potensial listrik

8.      Menyebutkan bunyi hokum Ohm

9.      Mendefenisikan hambatan

10.  Menerapkan  rumus V= I.R

11.  Mendefenisikan konduktor, semikonduktor, da isolator

12.  Menyebutkan bunyi hokum kirchoff I

13.  menetukan besarnya arus pada rangkain bercabang ((hokum kirchoff I)

14.  Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan parallel

V. Materi Pelajaran

Listrik Dinamis

VI. Metode Pembelajaran

1.  Model            :  –  Direct Intruction     –  kooperatif learning

2.  Metode          :  –  Diskusi kelompok   –  Eksprimen

VII. Langkah-langkah

1.      Pertemuan I (2 x 40’)

A.  Pendahuluan

  • Prasyarat  :  Apakah yang dimaksud dengan listrik  ?
  • Motivasi   :  Mengapa jika saklar dihidupkan lampu dapat menyala ?

Apakah arus listrik itu ?

B.     Kegiatan Inti

1. Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok

2.  Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari definisi arus listrik dan beda potensial dengan membaca buku siswa

3. Guru menginformasikan rumus I = Q/t  V =  W / Q

4.  Peserta didik melakukan eksprimen sederhana membuat rangkain listrik dengan panduan LKS

5.   Guru membimbing peserta didik dalam kerja kelompok

C.  Penutup

1.  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan

2.  Guru memberi tugas latihan soal-soal tentang I dan IV

2.      Pertemuan II (2 x 40’)

A.  Pendahuluan

  • Motivasi       :  apakah yang dimaksud dengan kuat arus dan beda potensial                         ?  Bagaimanakah cara mengukurnya?

B.    Kegiatan Inti

1.   Guru menginformasikan cara mengukur I dan V dengan alat ukur (Amperemeter dan Voltmeter)

2.   Peserta didik melakukan eksprimen untuk menyelidiki hubungan I dan V dalam rangkaian dengan panduan LKS

3.   Guru membimbing peserta didik dalam kerja kelompok

4.   Guru memberikan penekanan tentang hokum Ohm (v=I.R)

C.  Penutup

1.  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan

2.     Guru memberi tugas latihan soal-soal tentang hokum Ohm (V=I.R)

3.      Pertemuan ke III (3 x 40’)

A.  Pendahhuluan

  • Motivasi            :  Bagaimanakah hubungan antara I dan V? Apakah yang                               dimaksud dengan hambatan?

B.     Kegiatan Inti

1.     Guru mengarahkan peserta didik untuk menemukan teori tentang hambatan dan beberapa jenis bahan (konduktor, semikonduktor, isolator)

2.     Guru beserta peserta didik melakukan Tanya Jawab tentang hasil studi pustaka

3.     Peserta didik melakukan eksprimen sederhana tentang hokum kirchoff I dengan LKS

4.     Peserta didik mengelola data dan menjawab LKS

5.     Salah satu kelompok mempresentasikan hasil eksprimennya

C.     Penutup

1.     Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman

2.     Guru menginformasikan penyelesaian contoh soal penerapan hokum Kirchoff I

3.     Guru memberi soal-soal latihanHUkum kirchhoff I

4.      Pertemuan ke IV (3X 40’)

A.  Pendahuluan

  • Motivasi       :  Bagaimana susunan batrai pada senter ? Bagaimana cara                           mengetahui besar hambatannya

B.    kegiatan Inti

1.      Guru menginformasikan tentang hambatan yang disusun seri dan parallel (hambatan pengganti)

2.      Guru memberikan contoh penyelesaian contoh soal

3.      Peserta didik menyelesaikan soal-soal latihan.

4.      Guru beserta peserta didik membahas soal-soal latihan

C.    Penutup

1.      Guru memberi tugas  latihan soal-soal tentang hambatan seri dan parallel

VIII. Sumber Belajar

  • Buku IPA
  • LKS
  • Alat-alat praktikum (kit listrik)

IX     Penilaian hasil Belajar

Ø  Teknik Penilaian

  • Test tertulis
  • Tes unjuk kerja

Ø  Bentuk Instrumen

  • Isian, Pilihan Ganda dan Uraian
  • Instrumen (terlampir)
  • Uji petik kerja prosedur dan produk

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Nama Sekolah             :  MTs Negeri

Mata Pelajaran            :  IPA

Kelas/Semester            :  IX/I

Alokasi waktu             :  3 X 40’

I. Standar Kompetensi

3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari

II. Kompetensi dasar

3.2       Mendiskripsikan Prinsip kerja Elemen dan Arus Listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

III. Indikator

1.      Menjelaskan Gaya Gerak listrik (GGL) sumber arus listrik

2.      Menjelaskan sususnan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder

3.      Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)

IV. Tujuan Pembelajaran

1.      Membedakan GGL dan teganagn jepit

2.      Menyebutkan macam-macam elemen/sumber tegangan

3.      Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder

4.      Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)

V. Materi Pelajaran

Arus Listrik (GGL dan tegangan jepit)

VI. Metoda Pembelajaran

1.  Model            :  –  Direct Intruction     –  kooperatif learning

2.  Metode          :  –  Diskusi kelompok   –  Eksprimen

VII. Langkah-langkah

A.  Pendahuluan

  • Motivasi             : Apakah yang dimaksud dengan beda potensial ?

Bagaimanakah besarnya beda potensial pada 2 buah baterai?

B.     Kegiatan Inti

1.      Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok

2.      Guru mengarahkan peserta didik menemukan teori tentang GGL, susunan elemen listrik dan cara kerja elemen listrik melalui kajian pustaka

3.      Peserta didik melakukan eksprimen mengukur tegangan GGL dan tegangan jepit dengan panduan LKS

C.  Penutup

1.  Guru bersama peserta didik membuat Rangkuman

2.  Guru memberi pertenyaan untuk mengetahui daya serap siswa

VIII. Sumber Belajar

  • Buku IPA
  • LKS
  • Alat-Alat pratikum (Kit Listrik)

IX. Penilaian Hasil Belajar

v  Teknik Penilaian

  • Tes tertulis
  • Tes unjuk kerja

v  Bentuk Eksprimen

  • Uraian
  • Uji petik kerja prosedur dan produk

v  Instrumen

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan GGL dan tegangan jepit !

2.      Uraikan bagaimana prinsep kerja elemen listrik (primer sekunder)

3.      Ukurlah besar beda potensial pada GGL dan tegangan jepit  !

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)         KD  3.2

Nama Sekolah             :  MTs Negeri

Mata Pelajaran            :  IPA

Kelas/Semester            :  IX/I

Alokasi waktu             :  6 X 40

I. Standar Kompetensi

3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapnnya dalam kehidupan sehari-hari

II. Kompetensi dasar

3.2  Mendiskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-sehari

III. Indikator

1.      Menjelaskan hubungan antara Vdengan energi listrik yang digunakan

2.      Menjelaskan hubungan antara daya listrik, energi listrik dan satuannya (KEh dan Joule)

3.      Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan dan penggunaan listrik rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada KWH meter

4.      Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain

5.      Mempraktekan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya

IV. Tujuan Pembelajaran

1.      Menjelaskan factor yang mempengaruhi besarnya energi listrik yang digunakan.

2.      menerapkan rumus W = V.t

3.      Menerapkan rumus

4.      Mendefinisikan daya listrik

5.      menghitung besarnya energi dan daya listrik yang digunakan dalam rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada KWh meter

6.      memberikan contoh perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain

7.      memberikan contoh penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari

V. Materi Pelajaran

Energi dan listrik

VI. Metoda Pembelajaran

1.  Model            :  –  Direct Intruction     –  kooperatif learning

2.  Metode          :  –  Diskusi kelompok   –  Eksprimen

VII. Langkah-langkah

1.      Pertemuan I (2x 40’)

A.    Pendahuluan

  • Motivasi                   :  Apakah listrik merupakan energi ?  Faktor apa                                       sajakah yang  menentukan besarnya energi listrik                                       yang digunakan ?

B.     Kegiatan Inti

1.      Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok

2.      Guru membagikan LKS (energi Listrik) dan peserta didik beekrja sesuai dengan panduan LKS

3.      Guru membimbing peserta didik dalam kerja kelompok

C.     Penutup

1.      Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan

2.      Guru menginformasikan cara penyelesaian contoh soal

3.      Guru memberi tugas latihan soal-soal tentang energi listrik

2.      Pertemuan II (2 X 40’)

A.  Pendahuluan

  • Prasarat        :  Faktor apa yang menentukan besarnya energi listrik yang                          digunakan?
  • Motivasi       :  Pada sebuah lampu pijar tertulis 25 watt, apakah artinya

B.     Kegiatan inti

1.      Guru menginformasikan tentang daya listrik dan cara menghitung rekening listrik

2.      Guru memberikan penyelesaian soal

3.      Peserta didik menyelesaikan soal-soal latihan

6.      Guru bersama peserta didik membahas soal latihan

C.     Penutup

Guru memberi tugas latihan soal-soal dan menghitung penggunaan listrik yang terpakai selama 1 bulan dengan elihat KWh meter dirimah siswa masing-masing

3.  Pertemuan III (2 x 40’)

A. Pendahulaun

  • Motivasi       :  Mengapa jika kita beraktifitas dikamar padamalam hari                           lampu sebaiknya dimatikan?

B.   Kegiatan Inti

1.      Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok

2.      Guru mengarahkanpeserta didik untukmembuat laporan tentangcontoh-contoh perubahan energi listrik dan cara penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari selalui studi pustaka

3.      Peserta didik melakukan eksprimen sederhana tentang hukum Kirchhoff I dan panduan LKS

4.      Salah satu kelompok mempresentasikan laporan kelompoknya

5.      Guru memberikan penghargaan

C.   Penutup

1.   Guru bersama peserta didik membuat rangkuman

2.   Guru memberi Post Tes

VIII. Sumber Belajar

  • Buku IPA
  • LKS
  • Alat-Alat pratikum

IX. Penilaian hasil Belajar

v  Teknik Penilain

  • Testertulis
  • Tes unjuk kerja

v  Bentuk Instrumen

  • Pilihan gada dan uraian
  • Uji petik kerja

v  Instrumen

Pertemuan I

1.      Sebuah lampu 2,5 V 0,25 A menyala selam 10 menitenergi listrik yang digunakan sebesar ……….

2.      Sebutkan factor yang mempengaruhi besarnya energi listrik yang digunakan !

3.      Setrika dengan hambatan 200  dipakais selama 30 menit dengan kuat arus yang mengalir 1.5 A berapakah energi listrik yang digunakan setrika tersebut ?

4.      lakukan percobaan untuk mengamati factor sebesar energi listrik yang digunakan ! 9Uji petik prosedur dan produk)

Pertemuan II

1.      banyaknya energi listrik yang diserap selam satu sekon disebut

a.  Usaha                  b.  daya                       c.  laju              d.  Energi

2.      1 KWh setara dengan ………..

a.  3,6  10  6 watt                                         c.  6,6  x  106 watt

b.  3,6  10  6 joule                                         d.  6,6  x  106 Volt Ampere

3.      Lampu pijar 75 watt / 125 volt dipasang pada tegangan yang tepat. Kuat arus yang mengalir pada lampu adalah………….

a.  0,19                     b.  0,34                        c.  0,6              d.  2,93

4.      Sebuah lampu tertulis 40 watt-220V menyala selama 10 menit

Itung  :  a.  kuat arus yang mengalir

b.      energi listrik yang digunakan

5.      Pada sebuah rumah terdapat 5 lampu masing-masing 10 watt menyala 5jam sehari, harga 1 kwh Rp 100. berapa biaya yang harus dibayar selam 1 bulan (30hari)

Pertemuan III

1.      Berilah 5 contoh alat listrik dan tentukan perubahan bentuk energi listrik yang terjadi?

2.      Berilah 3 cara yang dapat dilakukan untuk menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari

Pekanbaru 12 Juli 2010

Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran

Kepala MTsN Pekanbaru

Drs. Marzuki, M.Ag Drs. Afrialsah Lubis M.Pd

NIP  19700416 198003 1 007                                             NIP. 19670524 199503 1 003

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: